Sabtu, 05 September 2009

Mencari Pendekatan Nilai Phi

Bahasa pemrograman (programming language)
Komputer mengerjakan transformasi data berdasarkan kumpulan perintah – program – yang telah dibuat oleh pemrogram. Kumpulan perintah ini harus dimengerti oleh komputer, berstruktur tertentu (syntax) dan bermakna. Bahasa pemrograman merupakan notasi untuk memberikan secara tepat program komputer. Berbeda dengan bahasa alamiah, mis. Bahasa Indonesia, Inggris dsb. yang merupakan bahasa alamiah(natural language), sintaks dan semantik bahasa pemrograman (komputer) ditentukan secara kaku, sehingga bahasa pemrograman juga disebut sebagai bahasa formal (formal language).
Jadi, dalam bahasa pemrograman yang digunakan sebagai alat komunikasi untuk memberikan perintah kepada komputer tidak berlaku kebebasan berekspresi seperti laiknya dalam bahasa alamiah.
Pemrograman dalam pengertian luas meliputi seluruh kegiatan yang tercakup dalam pembuatan program, termasuk analisis kebutuhan (requirement’s analysis) dan keseluruhan tahapan dalam perencanaan (planning) , perancangan (design) dan pewujudannya (implementation).

Simulasi dibuat dengan menggunakan program Pascal, dengan terlebih dahulu harus dibuat suatu algoritmanya. Berikut algoritma program untuk menghitung nilai phi1 sebagai berikut:
1. Mulai
2. Ditetapkan i:=0
3. i:=i+1
4. Dibangkitkan 10000 titik
x ~ U(0,1) dan y ~ U(0,1)
5. Ditetapkan nilai phi:=4*m/n
6. Jika i <
1000 kembali ke langkah 3
7. Nilai phi sama dengan jumlahan dari tiap phi dibagi 1000
8. Ditulis nilai phi
9. Selesai



Hasil simulasi menggunakan program pascal :

pascalb

untuk lebih jelasnya lagi dituliskan dalam program pascal sbb :
program phi1;

uses wincrt;

var x,y,p:real;

i,m,n:integer;

begin

randomize;

n:=10000;

m:=0;

for i:=1 to n do

begin

x:=random;

y:=random;

if(x*x+y*y)<=1 then m:=m+1; end; p:=4*m/n; writeln(p); end.
Selanjutnya akan dibuat program kedua dengan menambah variabel s yaitu sebagai banyaknya sampel yang diambil diulang sampai 1000 kali sebagai berikut : program phi2; uses wincrt; var x,y,p,s:real; j,i,m,n:integer; begin s:=0; begin randomize; n:=10000; m:=0; for i:=1 to n do begin x:=random; y:=random; if(x*x+y*y)<=1 then m:=m+1; end; p:=4*m/n; s:=s+p; end; p:=s/1000; writeln(p); end.
bila diterapkan pada program dhelpi adalah sebagai berikut:

Program

Var x,y,p,s:real;

J,i,m,n:integer;

Begin

S:=0;

For j:=1 to 1000 do

Begin

Randomize;

N:-1000; m:=0;

For i:=1 to n do

Begin

X:=random;

Y:=random;

If (x*x+y*y) <=1 then m:=m+1;

End;

P:=4*m/n; s:=s+p;

P:=s/1000;

Writeln (p);

End.

http://dzulcyber.blogspot.com/2008/08/download-pascal-tutorial.html





Tidak ada komentar:

Posting Komentar