Sabtu, 29 Agustus 2009

Link yang tersedia

http://dwi-setiawati.web.id/wordpress/?p=8

http://komputasi.inn.bppt.go.id/semiloka06/Koento%20Baiquni.pdf

http://id.wikipedia.org/wiki/Simulasi

http://www.teknikindustri.org/SIM/SIMuts0ct06.pdf

http://book.store.co.id/Simulasi:_Teori_dan_Aplikasinya_buku_7113.html


Klik referensi Simulasi 1
Pengertian Simulasi
Simulasi adalah suatu teknik yang digunakan dalam membuat keputusan dengan mengevaluasi perilaku model pada kondisi yang berlainan. Simulasi adalah perangkat uji coba yang menghasilkan solusi-solusi yang hampir optimal yang dapat mempresentasikan sistem secara menyeluruh. Dalam analisis kuantitatif, simulasi dapat diartikan sebagai dasar eksperiment dengan model matematika. Definisi simulasi menurut Sandi Setiawan adalah proses perancangan model dari suatu sistem nyata dan pelaksanaan eksperiment-eksperiment dengan model ini untuk tujuan memahami tingkah laku sistem atau untuk menyusun strategi sehubungan dengan sistem operasi tersebut.

Klik referensi Simulasi 2
Klasifikasi Simulasi
Perilaku variabel-variabel yang ada pada sistem dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu discrete (tertentu/khusus) dan continious (terus-menerus/bersambung). Discrete system adalah sistem di mana variabel-variabelnya berubah hanya pada sejumlah keadaan tertentu dan dapat dihitung pada saat tertentu. Continuous system adalah suatu sistem di mana variabelnya berubah secara terus-menerus serta dipengaruhi oleh waktu. Model simulasi merupakan salah satu alat dari analisis kuantitatif yang sangat populer. Keandalan simulasi mampu menghadapi kinerja dari suatu data yang bervariasi dan mampu memberikan solusi alternatif secara cepat lewat bantuan program komputer. Model simulasi yang dikembangkan dalam dua bisnis seringkali digunakan untuk menguji kebijakan-kebijakan dan keputusan-keputusan yang sifatnya bervariasi.

Klik referensi Simulasi 3
Alasan Penggunaan Simulasi
Metode simulasi digunakan secara luas dalam analisis permasalahan. Survai yang dilakukan tahun 1978 oleh Institut Manajemen (TIMS atau The Institute Managenment Science) dan Riset Operasi (ORSA atau the Operations Research Society of America) di Amerika menginformasikan bahwa simulasi menduduki ranking tiga setelah analisis ekonomi dan analisis statistic. Informasi tersebut menyatakan bahwa simulasi merupakan alat atau metode yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah dan memberikan keputusan.

Klik referensi Simulasi 4
Penggunaan Statistik Dalam Simulasi
Ketidakpastian permintaan pelanggan menimbulkan adanya banyak kemungkinan dalam pendistribusian bahan baku, persediaan barang jadi dan naik turunnya harga produk. Salah satu cara untuk memperkecil kemungkinan tersebut adalah dengan mempelajari pola distribusi probabilitasnya. Distribusi probabilitas teoritis yang sering digunakan dalam fungsi permintaan adalah distribusi normal, distribusi poisson, dan distribusi eksponensial.

Klik referensi Simulasi 5
Perkembangan model matematika sangat pesat dengan adanya berbagai penelitian yang menggunakan model ini. Sampai sekarang model simulasi belum banyak dikenal masyarakat, utamanya pada mereka yang bekerja di bidang pengembangan teknologi informasi. Padahal penggunaan model simulasi ini dapat memberikan alternatif bagi para pengambil keputusan, karena sifat dari hasil simulasi yang luwes dan menyeluruh. Model simulasi mudah beradaptasi dan mudah digunakan untuk berbagai permasalahan pengambilan keputusan, di antarannya :
1. Pengaturan traffic light
2. Pengaturan persediaan bahan baku dengan produksi
3. Pengaturan pengiriman barang jadi
4. Pengaturan rak buku untuk satu jenis buku (kamus bahasa)
5. Strategi militer
6. Pengaturan jumlah pegawai delivery yang digunakan untuk pengiriman pesanan, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar